Sehat Dengan Delapan Gerakan Qigong Sederhana (Ba Duan Jin)

Sehat Dengan Delapan Gerakan Qigong Sederhana (Ba Duan Jin)

Ada dua latihan qigong yang saya tahu sangat populer dan dilakukan jutaan orang di dunia. Pertama adalah Taiji Qigong Shibashi atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Senam Tera. Kedua adalah 8 jurus qigong yang jauh lebih tua usianya, disebut Ba Duan Jin.

Kalau diterjemahkan Ba Duan Jin artinya kurang lebih adalah 8 helai kain brokat. Kain yang indah dan kaya dekorasi itu digunakan sebagai perlambang bagaimana bagusnya efek Ba Duan Jin ke tubuh kita.

Ba Duan Jin memang qigong yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan. Tidak hanya orang awam bahkan praktisi beladiri pun banyak yang berlatih qigong ini.


Asal-Usul Ba Duan Jin

Ada beberapa kisah mengenai sejarah Ba Duan Jin. Salah satu yang terkenal menceritakan qigong ini diciptakan oleh Jenderal Yue Fei. Beliau menggunakannya untuk melatih para prajuritnya agar tubuh mereka kuat.

Ada juga yang mengatakan penciptanya adalah Chong Li Quan, tokoh legenda Cina. Sumber lain menyebutkan Tao Hung Ching sebagai kreatornya, ia pendeta Tao yang hidup di abad ke 5.

Sedangkan menurut Chinese Health Qigong Association, Ba Duan Jin berasal dari dinasti Song (960-1279).

Sementara Ji Jing Wei dan Zhu Jian Ping dalam buku mereka An Illustrated Handbook of Chinese Qigong Forms from the Ancient Texts mengatakan Ba Duan Jin muncul pada akhir era dinasi Song Utara (960-1127).


Variasi Ba Duan Jin

Sekarang ini banyak sekali variasi Ba Duan Jin, yang paling mencolok terlihat pada perbedaan gerakan. Tetapi pada dasarnya prinsip latihannya tetap sama, juga tujuannya.

Apapun variannya, Ba Duan Jin biasanya mempunyai 2 set latihan, dilakukan sambil duduk dan sambil berdiri. Kita bisa melatih keduanya atau salah satunya. Sekarang ini yang paling populer dipraktekkan adalah set yang berdiri.

Selain gerakan, variasi lainnya adalah kelambatan/kecepatan gerakan, jumlah repetisi, dan penggunaan otot yang maksimal/minimal. Sebagian varian mengajarkan gerakan dengan kuda-kuda rendah, sedangkan yang lain kuda-kudanya tinggi. Sebagian lainnya tidak begitu ketat soal repetisi gerakan.

Penyebaran Ba Duan Jin sendiri awalnya dimulai pada abad ke 20, ketika para guru qigong dari Cina berimigrasi ke Asia Tenggara, Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Australia. Banyak dari mereka yang lalu mengajarkan Ba Duan Jin. Buku-buku tentang Ba Duan Jin pun diterbitkan. Sekarang, Ba Duan Jin dipraktekkan banyak orang di seluruh dunia.


Efek Ba Duan Jin Bagi Kesehatan

Dikatakan Ba Duan Jin bisa meningkatkan keseimbangan, kelenturan, kekuatan otot, dan daya tahan tubuh. Juga meningkatkan mood dan bagus untuk sistem imun. Ia juga bagus untuk relaksasi dan sebagai pemanasan sebelum melakukan latihan lain seperti taiji, beladiri, jogging, dan jalan kaki.

Secara general Ba Duan Jin berefek meningkatkan dan memelihara kesehatan termasuk meredakan stress. Secara individual, setiap gerakannya mempunyai manfaat khusus bagi kesehatan. Misalnya saja gerakan ketiga, Memisahkan Bumi dan Langit, bagus untuk limpa, perut, dan hati.


Latihan Ba Duan Jin

Berikut adalah salah satu contoh varian Ba Duan Jin yang dibawakan oleh Simon Blow, seorang pengajar qigong dari Australia.









Kamu tertarik mempelajari Ba Duan Jin? Qigong ini bagus sekali dilatih pagi-pagi mengawali harimu. Ia juga tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga cocok sebagai olahraganya orang yang sibuk.

Namun meski Ba Duan Jin mudah dipelajari sendiri, baik dari buku maupun video, sangat disarankan untuk belajar langsung di bawah bimbingan guru yang kompeten.

Setelah mendapatkan pembimbing, berlatihlah rutin dan kamu akan menyukai manfaatnya.

Baca Juga: Senam Tera Indonesia Yang Menyehatkan